Senin, 05 Maret 2012

[12] Back Up Datamu!


Okke, setelah sedikit me-renov 'rumah' blog ini dengan sentuhan cat orange, sekarang saatnya memperbanyak isinya dengan menambah postingan. Semoga semakin menambah kegantengan blog ini, hehe. Kesempatan kali ini saya akan sedikit menuliskan pengalaman saya dan beberapa temen saya ketika jaman menulis skripsweet (baca:skripsi) dulu. Semoga dapat bermanfaat buat temen-temen yang sekarang sedang berpusing ria dengan skripsweetnya.

Tak bisa dipungkiri memang, ketika sudah sampai di tingkat akhir perkuliahan maka kita dituntut untuk mampu menghasilkan skripsweet sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Untuk sebagian mahasiswa yang niat dalam kuliahnya mungkin ngomongnya tidak hanya untuk itu, tapi dia akan bilang skripsweet ini adalah ajang untuk membuktikan kalau dirinya mampu menghasilkan suatu karya ilmiah yang bisa berguna bagi masyarakat sesuai bidang keahliannya, tidak hanya untuk suatu gelar. Sehingga ada dorongan lebih untuk bisa menghasilkan skripsweet yang berbobot.

Nah, saat sedang asik-asiknya (baca:stress) nulis skripsweet kadang kita melupakan satu hal yang cukup penting, non-teknis memang, tapi menurut saya ini suatu hal penting, back up data. Teringat kisah duka kakak tingkat dulu ketika sedang jaman-jamannya nulis skripsweet dan menjelang seminar. Saat itu seharusnya dia sudah bisa bersantai ria dan fokus untuk presentasi di seminar karena skripsweetnya sudah sampai 80 persen pengerjaan. Namun takdir berkata lain, semua data skripsi dan pengolahan yang tersimpan di laptop miliknya hilang bersamaan dengan tasnya ketika dia sholat di masjid kampus. Mau tidak mau, suka tidak suka dia harus mengulang kerjaan dari awal lagi, ini karena dia sama sekali tidak punya back up data selain di laptopnya itu. Alhasil semakin banyak waktu yang harus dikorbankan karena harus mengulang kerjaan. Belum lagi kerjanya juga harus ngebut karena dikejar deadline seminar. Pasti semakin menambah tekanan jiwa dan raga kalo hal ini sampai terjadi saat penyusunan skrepsweet kita.

Belajar dari pengalaman di atas, jika kita ibaratkan kita sedang menyusun model analisis di dalam skripsweet kita, maka back up data menjadi salah satu variabel penting yang tidak bisa dikeluarkan dari model sukses skripsweet begitu saja. Dia juga memiliki pengaruh terhadap kesuksesan penulisan skripsweet, walaupun pengaruhnya tidak langsung. Ada beberapa alternatif yang dapat temen-temen gunakan untuk back up data ini, pastinya temen-temen sudah pada tahu. Contohnya antara lain seperti di bawah ini:
  1. Back up data dengan menggunakan flash disk atau hard disk eksternal, yang jelas gunakan tempat penyimpanan back up data ini terpisah dari laptop atau komputer yang temen-temen pakai untuk menulis skripsweet. Hal ini untuk mencegah jika sewaktu-waktu laptop atau komputer yang dipakai mengalami kerusakan atau hal yang tidak diinginkan lainnya, ex: kemalingan.
  2. Back up data di email yang kita miliki. Back up data ini menurut saya lebih praktis dibandingkan jika menggunakan flasdisk atau hardisk eksternal. Hal ini karena kita tidak perlu repot-repot membawa kemana-mana alat penyimpan data tadi. Asal ada koneksi internet kita bisa memakai data tersebut sewaktu-waktu.
  3. Back up data dengan menggunakan media penyimpanan on line di internet. Saat ini telah banyak situs-situs yang menyediakan tempat penyimpanan data di internet baik yang gratis maupun yang berbayar. Contohnya antara lain Drop box, Ziddu, 4shared, Rapidshare atau media penyimpanan lainnya. Kelebihan dari media penyimpanan ini antara lain adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan penyimpanan menggunakan email. Selain itu dengan menggunakan media penyimpanan seperti ini, data yang kita simpan bisa juga di download oleh orang lain tanpa harus kita beri tahu account kita. Tinggal kita beri tahu link downloadnya maka orang lain sudah bisa mendownload data yang kita simpan. Sebenarnya postingan kali ini saya ingin menulis tentang cara mem-back up data di drop box, next time ya Insya Allah saya tulis tentang drop box..hehe.
  4. Back up data di komputer temen kita. Cara ini merupakan cara terakhir untuk mem-back up data kita jika memang kita tidak punya modal sama sekali. Keuntungannya adalah kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli flash disk atau hardisk eksternal ataupun membeli pulsa modem untuk internetan. Tapi ya siap-siap aja dengan resiko data hilang karena dihapus. Kalo space hardisk di komputernya mau habis pasti prioritas data yang bakal dihapus agar space hardisknya bertambah adalah data titipan kita..hehe.

Ada 4 pilihan buat temen-temen untuk back up data, silahkan dipilih saja mana yang lebih temen-temen suka, atau mau empat-empatnya sekaligus dilakuin juga ga masalah biar lebih aman. Yang jelas jangan sampai data skripsweet yang sudah temen-temen buat dengan perjuangan dan perasan keringat hilang tanpa ada back up. Satu lagi, up date juga data back up-an temen-temen sesuai dengan data terbaru yang sudah dikerjakan. Setiap kali ada perubahan pada data yang dianggap penting langsung di back up biar lebih aman, jangan ditunda-tunda.

Mungkin itu saja dulu tulisan kali ini, semoga skripsweet temen-temen semua bisa selesai tepat waktu dan lancar sampai akhir. Semangat untuk adik-adik tingkatku. ^^




2 komentar:

  1. Mantap...terimakasih raka eka atas nasihatnya...

    Regards,
    Ferdian Fadly
    http://ferdifadly.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama adekku...belajar yang baik ya biar pinter..^_^v
      haaa,mas bro ni sok muda aja..

      Thanks for your comment..

      Hapus