Jumat, 06 April 2012

[16] Lanjutkanlah Ke STIS


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik...empat tahun kuliah di sini memberikan banyak pengalaman dan pelajaran berharga. Banyak cerita, banyak kisah, banyak teman, banyak ukhuwah terjalin, sungguh sangat menyenangkan. :)


Tadi siang saya membaca majalah Varia Statistik edisi April 2012, setelah membaca sampai akhir (ga semuanya dibaca juga,,hee) ternyata di cover belakangnya ada promosi penerimaan mahasiswa baru STIS. Tertulis disana pendaftaran tahun 2012 ini mulai dibuka tanggal 26 Maret sampai 4 Mei 2012. Pikiran saya jadi teringat ketika masa-masa baru lulus SMA dulu, masa dimana kebimbangan dan kegalauan memilih tempat kuliah tak henti-hentinya datang. Memang banyak hal yang perlu dipertimbangan dalam memilih tempat kuliahan. Bagi saya terutama masalah biaya perkuliahan, melihat besarnya biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapat gelar sarjana merupakan suatu pertimbangan khusus yang perlu dipikirkan masak-masak.

Namun, dari banyaknya pertimbangan yang perlu dipikirkan, hal penting yang tidak boleh hilang adalah mempertahankan semangat agar tetap mau melanjutkan sekolah. Ini yang menurutku paling penting. Jangan sampai semangat kita untuk kuliah kemudian lenyap begitu saja melihat besarnya angka biaya perkuliahan. "Man Jadda wa Jada ", Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Percayalah Allah itu Maha Adil, dan yakinlah selama kita mau berjuang pasti Allah akan memberikan jalan. 

Biaya kuliah mahal? maka carilah yang gratis!
Memang ada?? ada! banyak malah...
Apa contohnya? STIS, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. :)

Yaa, carilah tempat kuliah yang gratis kalo memang tidak mau repot memikirkan biaya kuliah. Salah satu alternatifnya adalah memilih sekolah kedinasan. Ketika kita kuliah di sekolah kedinasan maka kita dibebaskan dari biaya kuliah, ditambah lagi ada yang memberikan uang saku selama kuliah dan menjamin kerja setelah kita lulus. Bagi yang hobi dan suka dengan matematika atau hitung-menghitung, STIS bisa menjadi pilihan.

Kenapa STIS? hemm, berdasarkan yang saya rasakan selama kuliah di STIS, ada banyak alasan yang bisa menjadi pertimbangan. Pertama, kuliah gratis. Selama kuliah di STIS semua biaya kuliah gratis, tidak ada biaya semesteran, tidak ada uang sumbangan pembangunan. Jadi hanya perlu memikirkan biaya buat bisa tetep hidup saja, seperti biaya kos dan makan. 

Kedua, setelah kita lulus kita dijamin mendapatkan kerjaan. STIS merupakan sekolah kedinasan di bawah kekuasaan BPS (Badan Pusat Statistik), jadi setelah kita lulus dari STIS kita akan langsung kerja untuk BPS. Status kita ketika baru saja lulus dan resmi diangkat menjadi pegawai adalah PNS golongan IIIA. Alhamdulillah sudah cukup bagus, selama kita tidak malas bekerja dan mau berusaha Insya Allah masih bisa naik lagi. Ketiga, selama kita kuliah kita diberikan uang saku setiap bulan. Ini salah satu bagian yang paling menyenangkan yang bisa dirasakan selama kuliah. Selain kita kuliah gratis, kita masih diberikan uang saku setiap bulan. Nominalnya juga lumayan, bisa buat nutupin biaya kos dan nambahin biaya makan. Memang kadang yang bikin kesel, keluarnya ga on time tiap bulan, tapi selalu dapat walau kadang di rapel. 

Nah, mungkin alasan pertama sampai ketiga ini sudah menjawab pertimbangan dari biaya kuliah. Jadi tidak perlu khawatir memikirkan biaya kuliah selama di STIS, justru malah kita yang dibayar. Kalo kita bisa ngirit dan mau mencari tambahan uang saku sendiri kita bisa bilang ke orang tua supaya tidak usah ngirimin uang ke kita. Kan lumayan, jadi ngurangin beban orang tua juga...:)

Selain itu, di STIS orang-orangnya juga asik, ga usah takut ada kekerasan. Di STIS tidak ada kekerasan sama sekali, ga ada maen pukul-pukulan atau tendang-tendangan. Justru ukhuwah di sini sangat bagus menurutku, kakak tingkat baik-baik dan mau menolong kalo kita butuh bantuan. Asal kitanya juga baik tentunya. Lingkungannya juga kondusif, kita akan punya banyak teman dari saentero Indonesia. Kenal banyak orang dengan berbagai sifat dan budaya. Menyenangkan.

Gimana? Tertarik?? Masih banyak lagi sebenarnya hal-hal menarik yang ada di STIS. Ga bisa semuanya saya ceritakan disini. Kalo mau tau silahkan saja rasakan sendiri dan menjadi salah satu bagian dari keluarga besar STIS. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Ingat lo, pendaftaran ditutup tanggal 4 Mei 2012. Silahkan kunjungi saja web nya dan pelajari syarat masuknya. Silahkan klik di sini untuk info lebih lengkapnya.


Salam Sukses...!^_^

21 komentar:

  1. kalo di STIS itu belajarnya susah ga sih, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm...kalo ditanya susah apa tidaknya itu pasti berbeda tiap orang. Tapi menurutku kuliah di STIS itu tidak begitu sulit. Yang penting kita mau serius belajar dan hati enjoy. :)

      Memang bakal lebih banyak berurusan dengan angka dan hitung-hitungan yang kadang bikin pusing, tapi selama kita mampu menikmati dan sabar, Insya Allah jadi mudah...

      Pikirkan masak-masak sebelum memilih..^^

      Hapus
  2. uang sakunya seberapa banyak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo uang saku kadang berubah setelah beberapa periode...kalo mau tahu lebih detailnya silahkan saja tanya ke STIS langsung karena saya juga kurang tahu uang saku yang diterima sekarang berapa...
      buka saja di http://stis.ac.id/about-stis/contactus.html

      terima kasih sudah berkunjung..:)

      Hapus
  3. assalam mu'alaikum.
    mau tanya kak. .
    apa tiap tahunnya STIS buka pendaftaran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam wr.wb.
      Sampai dengan tahun 2012 masih buka pendaftaran, kalo untuk tahun 2013 ini masih belum ada informasi lengkapnya. Silahkan ke alamat web STIS (http://stis.ac.id/admission/adm-email-subscription.html) biar lebih jelas kapan mulai dibuka pendaftarannya untuk tahun 2013 ini.

      Hapus
  4. Assalamualaikum..
    Bg, nanti penilaiannya test sistem minus ato kek mana ?
    Trus pas wawancara pke bhasa pa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalamwrwb
      kalo sistem penilaian tesnya silahkan coba pelajari di sini:

      http://www.ukmbimbelstis.com/2012/12/tips-dan-trik-lulus-ujian-masuk-stis_30.html

      waktu angkatan saya dulu wawancara memakai bahasa indonesia..

      Hapus
  5. kak berarti di stis gak ada asramanya ya? misalnya lolos sampai tahap 3, kita perlu bayar2 lg gak? makasi sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,di stis tidak disediakan asrama lagi..jadi kalo diterima harus cari kosan atau kontrakan..tapi ga usah khawatir insya Allah disana banyak kakak kelas yang dengan senang hati bantuin cari tempat tinggal.
      kalo bayar, paling pas tes kesehatannya, soalnya tes kesehatan di rumah sakit pemerintah jadi bayarnya buat medical cek up saja.
      nanti bayar lagi itu setelah diterima jadi mahasiswa, buat beli seragam,asuransi,dll.

      Hapus
    2. kalau pnempatannya gmn kak? kkak sndiri dpt dnas di mna?

      Hapus
    3. kalo penempatan harus siap dimana aja. Cuman bagi beberapa orang yang punya peringkat bisa bebas memilih kemana aja kecuali jawa..kalo pusat (jakarta masih boleh), kebijakannya beda tiap tahun..
      kk dapet di propinsi gorontalo.

      Hapus
  6. Assalamualaikum wr.wb
    kak mau tanya nih klo di STIS itu Pasti ada sistem DO kan? Kira-kira apa aja ya hal* yg bs membuat kita kena DO? Trs katanya kalo di DO harus ganti rugi biaya pendidikan?
    Tlg dijawab ya kak
    trima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,sistem DO kalo dari nilai akademik ada tiap semester di tahun pertama, setelah itu tiap tahun. Tapi kalo nilai di tahun kedua, ketiga atau keempat kurang dari batas minimal tidak langsung di DO, masih diberi kesempatan mengulang 1 tahun.
      kalo DO karena nilai akademik yang tidak memenuhi batas minimal tidak wajib membayar. Kecuali kalo DO nya karena mengajukan diri ingin keluar dari STIS, dia wajib bayar ganti rugi.

      Hapus
  7. Kuliah di STIS selalu berkutit sama matematika ya kak? Kalo gak pinter matematika gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak selalu, beberapa mata kuliah juga ada yang terlepas dari hitung menghitung, ex: bahasa indonesia, kewarganegaraan, agama islam, sosiologi, bahasa inggris, dll.
      Memang sebagian diantaranya itu mata kuliah yang berurusan dengan angka, insya Allah tidak masalah yang penting masih ada minat dan niat untuk belajar.

      Hapus
  8. mas Eka, saya boleh minta tolong mas buat analisis data saya ngga?
    saya bngung interpretasikan hasilnya..
    :'(

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum kk, saya mau nanyak ini kk, kira-kira nilai minimal agar tidak di DO dari stis itu berapa ya kk ? dan kasih info kk tentang bagaimana agar bisa masuk stis .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam wr wb
      bisa dipelajari di sini dek:
      http://www.ukmbimbelstis.com/

      Hapus