Senin, 12 Maret 2012

[13] Instalasi Drop Box


Pada postingan sebelumnya saya telah sedikit menulis tentang pentingnya mem-back up data dan bagaimana cara-cara back up data yang dapat digunakan. Sebelumnya saya bercerita tentang pentingnya mem-back up data skripsi, namun sebenarnya tidak hanya terbatas pada data skripsi, semua data yang kita anggap penting sebaiknya kita back up. Ibarat sebuah pepatah 'sedia payung sebelum hujan', maka kita juga harus siap sedia ketika data penting kita tanpa sengaja hilang atau terhapus. Dengan adanya back up data yang kita buat maka kita tak perlu khawatir lagi dengan kejadian data hilang atau kehapus. Nah, pada postingan kali ini saya akan sedikit menuliskan tentang bagaimana langkah-langkah back up data melalui media Drop Box seperti janji saya sebelumnya.

Sebenarnya saya mengenal Drop Box pertama kali ketika di tingkat 4 STIS. Waktu itu ada teman saya, Rizkiyo Gunawan, anak Jurusan Komputasi Statistik yang menawarkan untuk menginstal drop box sebagai media back up data skripsi. Karena waktu itu saya masih belum terlalu paham tentang drop box, jadi saya asal instal-instal saja tanpa tahu bagaimana cara kerja dan keuntungan menggunakannya. Setelah lulus dan magang di BPS saya baru mulai mengerti tentang drop box, ya memang baru sedikit-sedikit si ngertinya. Hadeeh, malah cerita sejarah yang ga penting, hehe...^_^v. Okelah langsung aja, to the poin...tapi sebelum ke langkah-langkahnya saya akan tuliskan dulu tentang fitur-fitur drop box yang saya tahu, sabar yaa..hehee.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Drop Box merupakan media penyimpan data on line yang dapat dinikmati secara gratis dengan kapasitas ruang penyimpanan mencapai 2 gb (ini jika kita mendaftar secara normal, jika kapasitas mau ditambah bisa mendaftar secara berbayar). Berbeda dengan media penyimpan data on line yang lain, kelebihan drop box antara lain adalah dapat tersinkronisasi pada komputer yang kita gunakan. Jadi ketika dalam kondisi offline kita masih dapat mengakses data back up yang kita simpan, hal ini karena secara otomatis data yang tersimpan di drop box juga tersimpan di komputer kita ketika kita upload. So, ga usah khawatir kehilangan data yang kita simpan di server drop box, karena data yang kita simpan secara otomatis juga ada di komputer kita, aman laah.

Selain itu, bagi kita-kita yang suka ngeblog, drop box ini juga dapat dijadikan sebagai file hosting. Menurut saya, dengan menggunakan drop box ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan media penyimpanan yang lain, karena drop box mengijinkan kita untuk meng-up load semua jenis file, baik itu dokumen, zip, gambar, video ataupun file program. Ditambah lagi dengan fitur direct link yang memungkinkan kita untuk dapat mendownload file secara langsung tanpa harus membuka server web yang digunakan, sehingga lebih cepat dan irit bandwidth. Nah, lumayan kan, tertarik menggunakannya?? kalo tertarik ikuti langkah-langkah instalasinya.

  •  Daftar dulu diri anda untuk mendapatkan akun drop box. Silahkan daftar drop box di sini. Isikan sesuai dengan identitas teman-teman.
  • Jika sudah terdaftar, maka kita harus men-dowload aplikasi drop box. Download di sini atau langsung klik tombol install di web drop box tadi, maka secara otomatis file installer drop box akan terdownload ke komputer. Jika sudah terdownload silahkan klik dua kali file installernya. Ikuti langkahnya sampai proses instalasi selesai. (Sebenarnya saya sangat ingin menampilkan gambar proses instalasi drop box dari awal sampai akhir, tapi dari tadi photoshop saya nge hang terus jadi malas mau ngedit gambar-gambarnya. Maaf ya. yang jelas ikuti saja langkah-langkahnya. Kalau ada pilihan 'Upgrade your Dropbox?' pilih aja yang free.) 
  • Setelah proses instalasi selesai maka secara otomatis di dalam folder user kita ada folder drop box. Secara otomatis di dalam folder drop box tersebut akan terdapat folder Public. Jika belum ada temen-temen bisa buat sendiri folder dengan nama Public. File-file yang ada di dalam folder Public ini dapat didownload oleh orang lain jika kita memberikan alamat url download file tersebut ke orang lain. Untuk memunculkan alamat url downloadnya tinggal klik kanan file yang mau di download kemudian pilih Copy public link, kemudian klik Copy to clipboard (ini semua dilakukan di dasbor drop box dengan akun milik kita). Maka alamat url untuk mendownload file dari drop box sudah tercopy, tinggal paste di tempat yang anda inginkan.
  •  Proses up load data dapat dilakukan dengan sangat mudah, kita tinggal copy data yang mau di up load kemudian paste di dalam folder drop box. Jika ada koneksi internet maka data yang kita paste tadi secara otomatis akan di upload. Proses upload selesai jika di depan data yang kita upload sudah ada tanda ceklist berwarna hijau. Sedikit tips, jika teman-teman malas menunggu karena file yang mau di upload besar, pilih saja waktu upload malam hari, jadi bisa ditinggal tidur...hehee. Pastikan laptop menyala terus dan koneksi juga on terus agar proses upload sukses. Bangun-bangun data kita sudah  ter-back up. Mudah kan, tinggal ditinggal tidur aja semua sudah beres. Coba pas ngerjain skripsi dulu gitu yaa..-____-

Okke, cukup sekian ya penjelasannya. Maaf tidak bisa menampilkan gambar-gambar penjelas secara utuh. Keburu males dulu liat leppy berkali-kali nge-hang, error ga karuan. Sekali lagi jangan lupa selalu up date data back up-an kalian, jangan sampai data yang di back up itu data yang udah usang..Sukses Selalu!
Semoga bermanfaat..^__^

2 komentar:

  1. Balasan
    1. waah...makasih sangat...guru besar sudah mau berkunjung ke blog yang masih cupu ini..^_^

      ditunggu share ilmu nya lagi ya guru..:D

      Hapus